Berawal dari kegiatan jagong ke acara pernikahan seorang karib Serufo di Lorok pacitan kami menyempatkan mampir ke pantai Taman.
Perjalanan  ke pacitan melewati jalan sudirman penuh warna. Gara2 ngobrolin panglima besar kanjeng majikan ndoro juragan jendral sudirman, ban mobil kami tiba2 sobek terkena sesuatu di tepi jalan. Terpaksa kami menepi di tengah wilayah antah berantah jauh dari pemukiman penduduk. Lebih seremnya lagi, 50 meter dari TKP kami melihat pekarangan rumah masa depan. Kami pun turun bermaksud mengganti ban mobil. Alangkah malangnya mendapati kenyataan bahwa mobil tersebut tidak dilengkapi dongkrak. hanya ada dua buah kunci ban keduanya sama sekali tidak bisa digunakan karena gak pas ukurannya.
Bagai anak2 ayam yang kehilangan induknya kami pun memutuskan untuk membuka lapak maicih saja.
Telalu panjang kalau harus diceritakan semua, pada akhirnya masalah ban teratasi, kami melanjutkan perjalanan ke lorok. Secara geografis daerah yang disebut Lorok adalah Kec. Ngadirojo yang termasuk daerah Administrasi Kabupaten Pacitan. Daerah ini merupakan dataran rendah. Sebelah selatan berbatasan langsung dengan haru birunya Samudra Hindia. Kawasan pantai otomatis menjadi obyek wisata yang paling ramai dikunjungi apalagi pada saat Hari Raya terutama H+2.
Setelah acara jagong selesai, kami bergegas meluncur ke pantai Taman. Sayang sekali mendung menyelimuti langit pantai Taman sore itu.
Pantai ini sebenarnya lebih terkesan biasa saja dengan fasilitas ala kadarnya. Kami tidak dikenakan tiket masuk. Hanya pada saat moment-moment tertentu saja akan dikenakan tiket masuk. Pemandangan pantai yang lebih mempesona mungkin bila dilihat dari atas kawasan Puring yang dahulu mempunyai tanjakan menyeramkan yaitu TUMPAK CES. Sepanjang jalan baru disebelah barat pantai Taman juga saya rasa lebih indah dengan bukit menjulang yang dipotong untuk pembangunan jalan baru tersebut.
Selain panorama pantai, ragam vegetasi pantai sangat kental disini. Kadang pada suatu daerah terdapat banyak sekali pohon kelapa yang tumbuh bebas, tumbuhan karang dan pohon besar disekitar pantai serta beberapa batu karang yang membuat pantai lebih mempesona.
Berikut beberapa penampakan pantai Taman melalui kamera handphone waktu itu.