Obyek wisata Waduk Sermo terletak di desa Hargowilis kec. Kokap. Jarak dari Yogyakarta 36 km. ke arah barat dan 6 km. dari kota Wates. Waduk ini merupakan satu-satunya waduk di propinsi D.I.Y. yang mempunyai luas genangan 157 Ha.

Berbekal tekad dan nekad, 

malam itu kami (rombongan hpl; himpunan pemancing lembah, lembah yg dimaksud merujuk ke lembah kampus UGM, red) bergerak meluncur menembus derasnya hujan ke arah kulon progo. Sesampainya disana pagi buta kami berteduh di sebuah gubug yang ada di tepian waduk. Beberapa anggota yang memang sudah tak sabar langsung turun ke waduk untuk mengadu kail. aku sendiri yang udah gag tahan kantuk lebih milih tidur, subuh baru aku menyusul turun ke waduk. Pemandangan matahari terbit sungguh indah waktu itu, langit cerah setelah malamnya hujan deras. kail pun segera dimainkan.

Sayangnya hanya ikan kecil-kecill yang kami dapat, namun jumlahnya cuup banyak. Selain menggunakan pancing, ada juga pencari ikan yang menggunakan senapan angin untuk berburu ikan. Caranya cukup unik. peluru senaan angin dikaitkan dengan senar panjang. Dengan menggunakan teropong dari tepi waduk senapan angin diarahkan ke ikan besar yang terlihat muncul di permukaan air. Butuh kejelian dan keterampilan menembak yang mumpuni, tak jarang tembakan meleset dan senar tersangkut ranting-ranting pohon yang ada di dasar waduk. Bila tembakan tepat sasaran, peluru menancap di badan ikan, pemburu tinggal menariknya saja secara hari hati ke tepi danau.

bonus: