PIGURAFOAM CUTE

Ini neh kalo habis da gawe bikin dekorasi buat grapari sama gerainya telkomsel jogja-magelang-wonosari-purworejo, potongan-potongan Gabus (Styrofoam) sisa bikin property dekorasi sak tumpuk undung, mentok-mentoknya cuman jadi makanansi jago merah, ya padahal tu bahan klo dibakar jadi gas yang sifatnya sangat beracun,,
hmmm,, iseng aja deh,, ku kumpulin potongan2 yang masih agak gede2,, ambil spidol untuk gambar pola dan pisau cutter untuk mahat styrofoam,
temen2 bisa lebih kreatif lagi nyiptain bentuk2 yang lebih unik.
Habis dipahat pake cuter, trus di cat pakek cat berpelarut air (aquarel) jangan yang bahan dasarnya minyak, stryrofoamnya bakal leleh.

Akhirnya jadinya kayak gini,,,


buat penahan fotonya ku cari pecahan kaca trus ku rapiin potongannya pakek pemotong kaca. kalo gak ada bisa deh pake mika tebel atau bekas kemasan kaset yang bening.

Selamat mencoba.

How to make “SPANDUK”

Hari minngu bse camp di warai suara odog-odog 300000X, ternyata kang andang tengah nyalain kompresor, sementara sebuah spraygun tampak lekat di tangan kananya,,,


“weee,ee,,ee,,, gawe spanduk to kang???
kok ra diprint??”
“weh, nyante kok njar, iki seng pesen wani bayar mahal, ini masalah karya seni jar,, spanduk bukan sembarang spanduk..”
“weee,,e,eee,,,”

yah,, dijaman sekarang, spanduk kaen pakek cat semprot emang kalo diitung itung biaya produksi dan tenaga nya malah jatohnya lebih mahal dibanding spanduk yang make print digital, kalo pun dijalan jalan masih ditemui spanduk kaen itu dibikinnya pakek sablon, yang banyakan pakek pasta sablon buatan sendiri jadi masih tergolong murah meriah.

nah,, gimana siy sebenernya cara bikin spanduk ala kang andang???

gini nih,,

pertama bikin dulu malnya pakek kertas karton.

bentangin kaen bahan spanduk diatas spons ati trus tempelin tu mal pakek jarum pentul.

kalo udah tinggal di cat dah,,pakek cat isamu ataw cat laen juga bisa, yang penting basicnya thinner biar bisa langsung kering.

styrofoam cutter

sebelumnya kamu musti ngerti kalo prinsip kerja lat ini yaitu kawat nikrom/ kawat nikelin/ senar gitar yang bila dialiri arus listrik maka kawat ini akan panas, nah kawat panas ini lah yang dipake buat maotong tu styrofoam
gini bikinnya:
bikin kotak buwat alas utama dari kayu,,, klo aku ambil praktisnya ngambil laci lemari,

cari 2 batang kayu masing2 kira2 25an centimeter

dipaku kayak gini nih, dibikin siku pokoknya, dilem juga biar kuat,

kalo udah tinggal pasang pada bok laci tadi

bikin rangkaian power suply nya,
foam_cutter_circuit foam_cutter_circuit_board
dengan rangkaian ini tingkat panas yang dihasilkan dapat diatur dengan memutar tu potensio (R2).
kemas yang bagus ya,, buatin PCB kalo perlu biar aman.
pasang didalem tu kotak

terakir tinggal pasang senar gitar/ kawat nikelinnya kayak gini

dah,, ni alat dah siap dipakek.

1 6 7 8